Layanan Telematika merupakan Layanan Dial Up ke Internet maupun ke semua
jenis jaringan, yang didasarkan pada Sistem Telekomunikasi untuk mengirimkan
data. Dalam penggunaannya, layanan telematika dibagi menjadi 4 layanan
telematika, yaitu layanan informasi, layanan keamanan, Layanan Context Aware
dan Event-Based dan layanan perbaikan sumber, dan berikut di bawah ini adalah
penjelasan tentang 4 layanan telematika.
1. Layanan Informasi
Layanan informasi merupakan penggabungan dari
telekomunikasi digital dan teknologi komputer yang memainkan peran penting
dalam komunikasi antar manusia. Penggunaan teknologi telematika dan aliran
informasi harus selalu ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,
termasuk pemberantasan kemiskinan dan kesenjangan, serta meningkatkan kualitas
hidup masyarakat. Selain itu, teknologi telematika juga harus diarahkan untuk
menjembatani kesenjangan politik dan budaya serta meningkatkan keharmonisan di
kalangan masyarakat Wartel dan Warnet memainkan peranan penting dalam masyarakat.
Warung Telekomunikasi dan Warung Internet ini secara berkelanjutan dapat
memperluas jangkauan pelayanan telepon dan internet, baik di daerah kota maupun
desa, bagi pelanggan yang tidak memiliki akses sendiri di tempat tinggal atau
di tempat kerjanya. Oleh karena itu langkah-langkah lebih lanjut untuk
mendorong pertumbuhan jangkauan dan kandungan informasi pelayanan publik,
memperluas pelayanan kesehatan dan pendidikan, mengembangkan sentra-sentra
pelayanan masyarakat perkotaan dan pedesaan, serta menyediakan layanan
“e-commerce” bagi usaha kecil dan menengah, sangat diperlukan. Dengan demikian
akan terbentuk Balai-balai Informasi untuk melayani lokasi-lokasi yang tidak
terjangkau oleh masyarakat.
Real-time traffic information (Mobile data dan Mobile television)
Mobile data menggunakan
komunikasi data nirkabel menggunakan gelombang radio untuk mengirim dan
menerima data computer real time untuk, dari dan antara perangkat yang
digunakan oleh personil berbasis lapangan. alat-alat ini dapat dipasang
semata-mata untuk digunakan saat berada dalam kendaraan (Fixed Data Terminal)
atau untuk digunakan di dalam dan keluar dari kendaraan (Mobile Data Terminal).
2. Layanan Keamanan
Layanan keamanan merupakan
layanan yang menyediakan keamanan informasi dan data. Layanan terdiri dari
enkripsi, penggunaan protocol, penentuan akses control dan auditin. Layanan
keamanan ini digunakan dengan tujuan untuk dapat mengurangi tingkat pencurian
dan kejahatan berfokus pada kejahatan “cyber crime” dan memberikan rasa aman
kepada pihak yang menggunakan layanan teknologi internet sebagai tempat
mengirim data, sarana usaha atau sebagai tempat menyimpan data-data yang
bersifat pribadi. Contoh layanan keamanan yaitu:
a. navigation assistant
b. weather,stock information
c. entertainment and M-commerce.
d. penggunaan Firewall dan
Antivirus
3. Layanan Context Aware dan Event-Based
Di dalam ilmu komputer menyatakan
bahwa perangkat komputer memiliki kepekaan dan dapat bereaksi terhadap
lingkungan sekitarnya berdasarkan informasi dan aturan-aturan tertentu yang
tersimpan di dalam perangkat. Context-awareness adalah kemampuan layanan
network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu kumpulan parameter yang
relevan dari pengguna (user) dan penggunaan network itu, serta memberikan
layanan yang sesuai dengan parameter-parameter itu. Beberapa konteks yang dapat
digunakan antara lain lokasi user, data dasar user, berbagai preferensi user,
jenis dan kemampuan terminal yang digunakan user. Contoh : ketika seorang user
sedang mengadakan rapat, maka context-aware mobile phone yang dimiliki user
akan langsung menyimpulkan bahwa user sedang mengadakan rapat dan akan menolak
seluruh panggilan telepon yang tidak penting. Dan untuk saat ini, konteks
location awareness dan activity recognition yang merupakan bagian dari
context-awareness menjadi pembahasan utama di bidang penelitian ilmu komputer.
Tiga hal yang menjadi perhatian
sistem context-aware menurut Albrecht Schmidt, yaitu:
1. The acquisition of context.
Hal ini berkaitan dengan pemilihan konteks dan bagaimana cara memperoleh
konteks yang diinginkan, sebagai contoh : pemilihan konteks lokasi, dengan
penggunaan suatu sensor lokasi tertentu (misalnya: GPS) untuk melihat situasi
atau posisi suatu lokasi tersebut.
2. The abstraction and understanding of context. Pemahaman terhadap bagaimana cara konteks yang dipilih berhubungan dengan kondisi nyata, bagaimana informasi yang dimiliki suatu konteks dapat membantu meningkatkan kinerja aplikasi, dan bagaimana tanggapan sistem dan cara kerja terhadap inputan dalam suatu konteks.
3. Application behaviour based on the recognized context. Terakhir, dua hal yang paling penting adalah bagaimana pengguna dapat memahami sistem dan tingkah lakunya yang sesuai dengan konteks yang dimilikinya serta bagaimana caranya memberikan kontrol penuh kepada pengguna terhadap sistem.
4. Layanan Perbaikan Sumber (Resource
Discovery Service)
Layanan perbaikan sumber adalah layanan untuk
penemuan layanan utilitas yang diperlukan. layanan ini juga berfungsi dalam
pengindeksan lokasi layanan utilitas untuk mempercepat kecepatan penemuan.
Contoh : Telematika dalam masyarakat dan
untuk masyarakat. Penggunaan teknologi telematika dan aliran informasi harus
selalu ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk
pemberantasan kemiskinan dan kesenjangan, serta meningkatkan kualitas hidup
masyarakat. Selain itu, teknologi telematika juga harus diarahkan untuk
menjembatani kesenjangan politik dan budaya serta meningkatkan keharmonisan di
kalangan masyarakat. Sektor swasta harus berperan aktif dalam penyediaan
informasi serta mengembangkan berbagai aplikasi yang diperlukan oleh
masyarakat.Oleh karena itu, pemerintah akan berupaya untuk mendorong
perkembangan industri “information content” dan aplikasi. Pendayagunaan
perangkat lunak “open sources” perlu mendapakan perhatian khusus. Di pihak
lain, pendayagunaan teknologi telematika sering terhambat oleh kemampuan
masyarakat menggunakannya, di mana bahasa seringkali merupakan salah satu
faktor penghambat. Agar difusi teknologi telematika dapat dipercepat dan
diperluas, maka di samping meningkatkan kemampuan mendayagunakan teknologi
telematika, pemerintah akan memberikan perhatian khusus bagi berkembangnya
standard dan piranti antarmuka berbasis bahasa Indonesia untuk mempermudah
penggunaan produk teknologi telematika bagi penduduk yang tidak mampu berbahasa
asing.
I finally found magnificent post here.I will get back here. I just added your blog to my bookmark regions. thanks.Quality presents is the fundamental on welcome the visitors to visit the webpage page, that is the thing that this site page is giving. Thanks for sharing the best article post. Apartment For Sale In Chanakya Place
BalasHapus