Translate

Selasa, 28 Oktober 2014

Jaringan Wireless Terminal

Jaringan wireless adalah jaringan dengan menggunakan teknologi nirkabel, dalam hal ini adalah hubungan telekomunikasi data maupun suara dengan menggunakan teknologi elektromagnetik sebagai pengganti kabel. Sama halnya dengan LAN, dalam membuat sebuah jaringan wireless dibutuhkan komponen-komponen penunjang agar bisa saling berkomunikasi, seperti :

1. Personal Computer (PC)
            Personal Computer atau komputer merupakan komponen terpenting dalam membangun sebuah jaringan wireless. Komputer sudah terintegrasi dengan beberapa peralatan pembangun sebuah wireless dan berfungsi sebagai server dalam sebuah jaringan seperti client server.

2. WLAN Card
            Sama halnya seperti pada jaringan LAN, di jaringan wireless NIC(Network Interface Card) dibutuhkan, NIC merupakan sebuah kartu yang dimasukkan ke dalam komputer seperti PC, Notebook dan gadget yang sudah terintegrasi peralatannya. Fungsi NIC adalah membuat frame dan meneruskan signal biner keluar komputer dan meneruskannya ke kabel jaringan. Tetapi terdapat perbedaan dengan LAN Card di bagian transmisinya yang membutuhkan media kabel jaringan dalam menghubungkan port, tetapi WLAN Card hanya mempunyai sebuah antena kecil yang berfungsi untuk menerima sinyal wireless.

3. Antena
          Antena merupakan sebuah komponen penting dalam membangun sebuah jaringan wireless. Antena berfungsi sebagai sarana untuk menerima dan mengirim sinyal wireless.

4. Router Wireless
          Router adalah sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Berbeda dengan LAN dalam Router Wireless antena merupakan media penghubung antar jaringan.

Terminal
          Merupakan data yang ditampilkan pada komputer pada jarak jauh atau dekat yang disebut dengan terminal. Fungsi dasarnya adalah untuk berhubungan dengan komputer host. Terminal juga dikenali dengan beberapa istilah, seperti: CRT – Cathode Ray Tube, VDT -Video Display Terminal atau display station.

Terminal dibagi atas 3 jenis, yaitu :

-          Terminal dungu (dumb), yaitu terminal yang berfungsi hanya berupaya menghantar setiap karakter yang dikirimkan ke host dan menampilkan apa saja yang dikirim oleh host.

-          Terminal ‘smart’ , yaitu terminal yang berfungsi menghantarkan informasi tambahan selain apa yang dikirim oleh pemakai seperti kode tertentu untuk menghindari kesalahan data yang terjadi.

-          Terminal pintar (intelligent), yaitu terminal yang dapat diprogramkan untuk membuat fungsi-fungsi tambahan seperti kontrol terhadap penyimpanan ke storage dan menampilkan lay-out data dari host dengan lebih bagus.

Pada saat terminal/client/terminal/client melakukan proses booting, garis besar proses yang dijalankan adalah:
·         Mencari alamat ip dari dhcp server.
·         Mengambil kernel dari tftp server.
·         Menjalankan sistem file root dari nfs server.
·         Mengambil program X-server ke dalam memory dan mulai menjalankannya.
·         Melakukan hubungan dengan xdm server dan user login ke dalam xdm server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

==================| Mohon Memberikan Komentar yang Baik :) |==================