Translate

Minggu, 29 September 2013

Bahasa Indonesia


Esai adalah. sebuah opini/pendapat dan pelampiasan yang disampaikan dengan kata-kata yg ditulis terhadap sesuatu atau apapun.





PERTAMA KULIAH


Universitas Gunadarma, ya gunadarma, kampus yang sangat identik dengan panggilan “gundar” atau si kampus berwarna ungu ini. Si Universitas swasta yang menduduki peringkat ke-4 se-Indonesia pada tahun 2010 menurut Webometric, Universitas Gunadarma berada di bawah peringkat saingannya yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), dan Universitas Gajah Mada (UGM). Kampus swasta peringkat empat ini mempunyai banyak cabang kampus namun kampus ini berpusat di wilayah Margonda, Depok. Universitas Gunadarma ini mempunyai banyak jurusan akademik namun yang menjadi ke populerannya saat ini adalah di bidang jurusan komputer. Tak salah banyak siswa SMA/SMK dan Kejurusan lainnya memilih kampus ini untuk masa depannya dalam mendalami ilmu komputer.
Saya adalah salah satu dari jutaan mahasiswa Universitas Gunadarma, namun saya berada di jurusan  Sistem Informasi (SI). Sekarang saya sudah menaiki jenjang semester lima di Universita Gunadarma namun dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pengalaman saya ketika berada di awal-awal perkuliahan, bukan untuk mendeskripsikan tentang si “kampus ungu bertingkat empat” ini. Mulai saja, berikut ini adalah beberapa hal yang saya alami saat pertama masuk kuliah.
1.      Berkenalan dengan Teman Kuliah
Ini mungkin bisa disebut hal yang wajib dan hal pertama yang akan dilakukan seorang mahasiswa yang baru masuk kuliah. Mereka akan mencari teman sekelas dan berharap akan mempunyai teman berbicara ketika dikelas nanti. Mahasiswa baru akan melakukan hal ini dengan cara apapun, baik itu dengan Faceebook, Twitter, BlackBerry Messanger (BBM), atau mungkin mereka akan berkenalan dengan cara berpura-pura kenal dengan orang yang disampingnya walaupun mungkin yang mereka ajak berkenalan tidak berkuliah di tempat yang sama.

2.      Ikut Teman Selama Jam Perkuliahan
Biasanya ini selalu terjadi ketika jam kuliah sudah dimulai. Bagi mereka yang belum mempunyai banyak teman dikelasnya mereka akan mengikuti kemanapun teman barunya pergi. Ke kantin bareng, makan bareng, minum satu gelas berdua bahakan mungkin ke toilet bareng. Hal ini terjadi hanya ketika jam perkuliahan tidak sampai berujung ke rumah tetangga.

3.      Mampir Ke Rumah Teman
Nah, ini terjadi saat anda dan teman-teman sekelas anda sudah mulai cocok. Hal ini sangat di pengaruhi dengan kebiasaan ke-2. Ketika mahasiswa baru mulai lelah dengan temannya yang sering di ikutinya tersebut, ketika mulai lelah bermain saat jam kuliah selesai, dan ketika mulai lelah dengan kondisi kampus. Salah satu dari mereka akan menawarkan untuk mampir kerumahnya. Hal ini akan terus berlanjut sampai semua teman kelas sudah dikunjungi semuanya.

4.      Cabut Jam Pelajaran
Entah darimana awalnya, entah darimana bujukannya cabut jam pelajaran bisa terjadi. Hal ini biasanya diberlakukan untuk si dosen galak dan si dosen banyak aturan. Ini dimulai ketika teman anda atau mungkin anda tidak senang terhadap dosen yang mengajar di kelas. Cabut jam pelajaran ini pun tidak dilakukan sendiri biasanya anda akan mengajak salah satu atau mungkin teman sekelas anda untuk cabut pelajaran si dosen. Tapi ingat! Hal ini tidak untuk ditiru!

5.      Mulai Adanya Perselisihan
Ini sering terjadi ketika anda dan teman anda cabut jam pelajaran si dosen galak. Dan saat pembagian nilai ujian nilai teman anda jelek, maka teman anda secara langsung akan menyalahkan anda, dia akan membahas semua kesalahan anda ketika anda mengajaknya cabut pelajaran. Solusi untuk memperbaikinya adalah dengan cara meminta maaf kepadanya dan berjanji tak akan mengajaknya cabut pelajaran lagi.

6.      Kelompok Kelas
Untuk hal seperti ini mahasiswa tak teralu di permasalahkan. Namun kelompok kelas ini sangat berlaku untuk mahasiswi. Dikelas biasanya terdapat kelompok mahasiswi pintar, mahasiswi cantik, dan mahasiswi tukang makan. Mahasiswi berkelompok ini biasanya hanya akan mau berbicara dengan teman kelompoknya saja, mereka akan menunjukan kehebatan kelompoknya kepada kelompok mahasiswi yang lain. Contohnya, kelompok mereka akan menyelenggarakan konser girlband dikelas agar kelompoknya di anggap hebat oleh kelompok saingannya.

Oke, mungkin hanya beberapa hal saja yang dapat saya jelaskan, tiap kepala dan tiap pemikiran orang pasti berbeda. Intinya adalah gunakan masa muda kalian secara maksimal, ikuti pemikiran kalian sendiri tanpa di pengaruhi kata-kata orang lain yang mencemooh kalian, gunakan naluri hati dan jangan sampai menyesal di hari tua.
Saya disini hanya berbagi pengalaman ketika pertama kali memulai perkuliahan, semoga yang negative tidak di ambil contoh, dan mohon ambil contoh yang baik walaupun mungkin sama sekali tidak terselip kata-kata positif  di dalamnya. Sekian dan Terima Kasih J


“Note: bagi yang mau menambahkan pengalamannya atau mau berbagi pengalaman ketika pertama masuk kuliah, kalian bisa sharing di sini”

NAMA : RIZKI SURYA NUGROHO
NPM    : 16111357
KELAS: 3KA33

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

==================| Mohon Memberikan Komentar yang Baik :) |==================