Translate

Selasa, 15 Januari 2013

Rasa Kuliah



Meskipun belum kelar kuliah tepatnya masih semester 3, kayaknya belum pantes buat nulis yang kayak beginian. Tapi nggak tau kenapa, dari kemaren tuh kepikiran pengen nulis iniiiii mulu.. Atau mungkin saja ini adalah salah satu cara gue mengeluarkan uneg-uneg yang selama ini terpendam (ceilaahh bahasanya). gue, memang bukan orang yang suka banyak ngomong, dan "Nulis" adalah salah satu wadah buat gue ngomong. wahaha :)

Bicara tentang perkuliahan, kayaknya udah nggak asing lagi buat anak kuliahan (lho?) mungkin asing di telinga tukang sayur, (iyalah!) tapi jangan remehkan tukang sayur lho? dia itu salah satu item yang sangat penting bagi mahasiswa (terutama yang tinggal di Jogja) Gudeg mas? Kecuali tukang sayurnya lulusan S1 persayuran.. ok, kembali ke topik awal, kenapa dunia perkuliahan ada Manis, Asem, Asin dan Kecut yang rasanya ngalahin nano-nano?

dari awal, mari kita tinjau dari kacamata dan perspektif anak SMA tentang perkuliahan "Kebanyakan" mereka pikir kuliah itu "BEbas, pake baju seenaknya, bisa cuti, pokoknya enak dehhhh.. apalagi udah ngekost sendiri, nggak ada yang ngatur-ngatur lagi. nggak ada bikin PR lagi, dan segala macem yang mereka anggap menjadi beban di SMA mereka singkirkan dan mereka membayangkan KULIAH itu MENYENANGKAN.

tapi...

Memang kuliah itu menyenangkan. dan dibalik bayang-bayang kata "MENYENANGKAN" itu ada kata "Kurang Menyenangkan" dan itu terjadi selama proses menjalani perkuliahan. Bagi gue sendiri, Kuliah itu menyenangkan,(meskipun terkadang ada hal yang kurang menyenangkan, tapi semua hal yang kurang menyenangkan itu hilang karena ada "SOMETHING" yang menghilangkannya)  :) dan Something itu akan muncul di bagian akhir nanti.

dari pertama kali masuk kuliah, (mahasiswa baru) dimana masa-masa dan sifat SMA masih melekat erat, pikiran biasanya masih BLANK tentang dunia perkuliahan. Kuliah ngapain aja sih? Kalo nanya ke senior biasanya dijawab "Ah, kuliah mah enak, duduk, dengerin dosen ngoceh, becanda sama cewek, dapet gebetan dan lain lain.. bla bla bla..(senior yang kayak gini menganut paham Masa bodoisme) . dan ada juga senior yang jawabnya kayak gini "Ah, ntar juga pasti tau kok" (nah kalo yang kayak gini menganut paham "Cuekisme"). disini anak mahasiswa baru biasanya akan bener-bener blank  dan nggak tahu apa-apa. PAs dia masuk kuliah, Eh ternyata bener apa yang dibilang senior yang pertama, kuliah itu enak, duduk dengerin dosen ngoceh dan lain sebagainya.selang beberapa bulan, mulai ada perubahan. bagi yang benar-benar serius kuliah akan merasakan perubahan ini. bagi yang nggak serius kuliah cuma sekedar Kunang-kunang (kuliah nangkring-kuliah nangkring) atau Kupu-kupu (kuliah pulang-kuliah pulang) atau Kupil-kupil (kuliah ngupil-kuliah ngupil) pasti nggak akan ngerasain perubahan ini. nah perubahannya kebanyakan dari porsi yang kecil.

ada perubahan di kelas, mulai dari persaingan biar dapet nilai gede sampai persaingan biar dianggap pintar di depan temen-temennya. kalo yang cewek dari pas gue masuk semester satu kemaren pada saingan"BEHEL" siapa yang paling keren dan "Lensa Kontak" siapa yang paling bagus. kalo semester tiga sekarang ceweknya pada saingan "Kerudung Siapa Yang Paling Cakep Cara Pakenya dan Siapa yang Paling Rempong Make Kerudungnya".kayaknya cewek semakin hari, modenya semakin ribet ya. kerudung aja sekarang cara makenya makin ribet. kata dosen gue mahasiswi sekarang kayak "Onta Arab". bukan gue yg ngomong lho. tapi kita lihat sisi positifnya aja, "ALHAMDULILLAH sekarang cewek banyak yang seneng pake kerudung." Kalo perubahan di cowok, yah kayaknya kurang tau. cowok mah dimana-mana easy going dan serba simpel. Paling keren-kerenan gaya rambut doang. Beda lagi kalo cowoknya yang agak "GEMULAI" gimanaa gitu. ya mungkin ikut-ikutan pake behel biar penampilannya terlihat semakin gemulai.

oke, kembali ke topik persaingan ketat, "Nilai". bukan masalah sepele lho tentang nilai ini bagi mahasiswa yang serius kuliah. ya karena memang selain agar dia bisa dapet ilmu di bangku perkuliahan, dia juga pengen dapet nilai yang gede. logis kan?. Analoginya gini, masa gue udah capek-capek kuliah dan serius kuliah pas lulus nanti nilainya JEBLOK. yaaaa minimal bisa  CUM LAUDE dehhh.. ( haha ). persaingan nilai kayak gini biasanya akan berlangsung selama masa perkuliahan. segala macem cara ditempuh agar bisa dapet nilai gede.apalagi pas UAS atau UTS, semuanya mulai mengencangkan sabuk.
mulai dari belajar mati-matian sampe mata bengkak, terus mulai dengan kreatifitas sendiri "dateng ke abang fotocopy sambil bilang Bang, ini difotocopy tapi tulisannya tolong diperkecil" Sumpah! gue belom pernah ngelakuin yang kayak gini. puiiih, harga diri di depan abang fotocopy rasanya diinjak-injak kalo ngelakuin yang kayak gini. dalam hati abang fotocopynya bilang gini "YAelah neng, kalo kuliahnya kayak gini mah saya juga bisa"
ingat, nyontek itu awal dari belajar korupsi. ya meskipun pas di SMA kemaren gue juga sering nyontek. tapi di bangku kuliah, belom. TOBAAAT!!

ujung-ujungnya, kalo nilai udah keluar, biasanya yang IP-nya paling gede langsung mendapat lirikan dari warga kelas. beda orang beda porsi lirikannya.kalo orangnya pinter dapet IP gede, orang yang sirik biasanya ngelirik "Huh, wajar dapet nilai gede, pas gue minta kasih tau jawaban nggak dikasih tau"
tapi kalo yang nggak pinter-pinter amat terus dapet nilai gede, porsinya lain lagi "Huh, wajar dia kan nyonteknya jago banget. pake bikin kebetan di kotak pensil lagi". nah lho. biasanya ini ketahuan di semester 2 nya. kalo di semester 1, bau-bau curangnya belom tercium.

nah, kalo udah gini, yang punya sifat sirik dan tukang RUMPI langsung bikin gosip yang dilebih-lebihkan. (orang kayak gini cocok kerja di acara gosip di TV, kalo pas lulus kuliah nggak bisa kerja, palingan ntar di kampunya jadi pemimpin GRUP ICTGSRT= IKatan Cewek Tukang Gosip Satu RT). nantinya kebanyakan bikin gosip yang enggak-enggak. entah kebenarannya ada atau nggak, yang lain biasanya langsung termakan omongan nih orang. ujung-ujungnya, orang yang IPnya gede atau yang pinter di kelasnya akan tersisihkan. ini nih yang mirisnya disini. Kasian kan, kalau dia emang bener-bener pintar terus dituduh nyontek padahal dia belajar semaleman nah tiba-tiba dituduh dan dikuclikan dari kelas. Beuh.. nggak kebayang kalo seandainya ini terjadi di kelas gue.

selain itu, biasanya akan terjadi "Bersembunyi dibalik topeng" modus kayak gini biasanya kebanyakan terjadi yang karena dia udah bikin gosip yang enggak enak, dia akan bersembunyi dibalik topeng kebaikannya. dia punya banyak topeng lho, topeng senyum, topeng tulus, topeng baik dan dibalik semua itu mulutnya menyeringai.
ujung dari semuanya, akan terjadi blok-blok kecil yang membuat batas antara yang pintar dan yang biasa-biasa aja. yang pintar akan mengambil tindakan diam dan masa bodo dan menulikan pendengarannya. sedangkan yang biasa-biasa aja akan semakin tersisihkan tanta bantuan yang pengetahuannya melebihi mereka. tidak ada sharing, diskusi dan berbagi ilmu. hal ini yang ditakutkan akan terjadi di dalam kelas.konflik batin, memang tidak terlihat, tapi sangat berasa dan semua orang bisa merasakannya.dan itu, dibalik topeng-topeng itu yang biasanya jadi penyebabnya.

(mudah-mudahan hal ini nggak terjadi di kelas gue dan temen-temen)

Okeeeee.... relax dulu... hehe.. jangan dibikin tegang., minum dulu juice-nya. udah? lanjut...

Selain itu, yang bikin kita dilema saat kuliah biasanya Dilema Organisasi. kalo yang ada niat buat organisasi, terus ada stimulus dari senior dan kita masih dengan perasaan dan pikiran yang terombang-ambing, ikut nggak yaaaa???
pas OSPEK juga biasanya ada tawaran buat ikut organisasi ini. dengan embel-embel "Jangan jadi mahasiswa Kupu-kupu (kuliah pulang-kuliah pulang) jangan jadi mahasiswa Kunang-kunang dan segala macem sebutannya. jadilah mahasiswa Kura-Kura (kuliah rapat-kuliah rapat).
sebenrnya kalo kita udah punya komitmen yang kuat buat ikut organisasi ya itu malah bagus.
gue selalu salut sama anak yang ikut organisasi. dibalik kesibukan kuliahnya mereka masih sempat mengurusi ummat. bagus lho.
tapiiiii......
dilihat dulu Organisasinya kayak gimana. kalo organisasinya cuma buat seru-seruan doang mah mendingan ga usah. bikin grup band aja sekalian. jangan remehin anak yang ikut organisasi, mereka penopang hidupnya kampus. hehe. salah satu cara yang terbaik adalah pada diri anda sendiri. keputusan ada di tangan anda. dan keputusan diambil untuk dijalani, bukan untuk disesali. nggak ada keadaan dan gambaran yang suram dalam organisasi, semuanya menyenangkan, hanya sama capeknya yang terkadang bikin ilfil.

kemudian...
yang bikin kecutnya dunia perkuliahan itu kayak gini.
saat diskusi kelompok di depan kelas, YANG PINTER SUKA MINTARIN DAN MERASA DIA PALING PINTAR,, dan yang BODOH SEMAKIN TERPOJOK.
ini biasanya terjadi kebanyak di kelas-kelas.
biasanya mahasiswa PENJILAT dosen, CAPER DEPAN DOSEN dan TUKANG NGETES.
saat diskusi di kelas biasanya penyaji materi udah prepare banget dengan materinya. saat diskusi berjalan, semuanya lancar, saat sesi pertanyaan dibuka, sering ada mahasiswa yang Merasa Sok Pinter nanya. (ini beda banget lho. semua mahasiswa juga bisa ngerasain dan ngebedain mana pertanyaan yang bener-bener pengen tahu sama pertanyaan ngetes)
biasanya orang sok pinter ini bertanya dengan pertanyaan yang NJELIMET alias RIBET. sambil bertanya atau sehabis nanya biasanya matanya melirik ke dosen, berharap dosen itu memperhatikannya dan menganggap pertanyaannya berbobot apa nggak, dan berharap dia dapet nilai plus dimata dosen, ujung-ujungnya biasanya berharap dianggap mahasiswa yang aktif di kelas.

sebenernya nggak kayak gitu, kalo emang bener-bener nggak pengen nanya ya jangan nanya. jangan dipaksain. kasian sama yang menyajikan materi., terpojok di depan dengan muka bengong mata melotot ke atas mencari-cari jawaban di kepalanya. kasian kan.
nah, biasanya yang sok pinter ini memberikan pertanyaan yang ribet dan kalo udah dijawab biasanya belum merasa puas dan muncul pertanyaan baru. sebenernya enak kalo diskusi kayak gini. tapi cara dianya itu lho yang kurang mengena di hati. haha.. diskusi yang paling enak itu ya memang seperti itu, tapi amosfer di kelas kalo dia mulu yang nanya, beuh bikin GEDEG! orang kayak gini biasanya udah punya jawaban sendiri dalam batok kepalanya. tapi ga tau kenapa.. jadi ribet deh kalo ngebahas yang beginian. semua kelas biasanya ada yang tipikalnya kayak gini. intinya, beda lho pertanyaan yang kritis sama yang ngetes.

oke, cukup segini aja dulu.,
sebenernya masih banyak hal-hal yang lain yang ada di dunia perkuliahan.
tapi kok perasaan yang dibahas yang asem sama kecut ya? yang manisnya mana?
ya ntar nyusul deh. mungkin hal-hal yang menyenangkan di perkulaiahan itu yang pastinya kelas adalah keluarga besar. disinilah kita merasakan kalau keluarga saat kita sedang kuliah itu ada di kelas. dan di kelas juga ada sahabat yang menyenangkan, dan hal yang paling menyenangkan di kelas adalah saling berbagi. entah itu berbagi makanan ringan atau berbagi cerita atau berbagi air minum saat haus. dan saat di kampus, yang pastinya banyak yang menjadi objek untuk dilihat dilihat. (bagi gue sendiri) inspirasi datang dari sudut manapun. bagi yang punya pasangan di kelas atau di kampus, biasanya selalu semangat berangkat kuliah. gerbang kampus belum dibuka dia sudah nangkring di depan gerbang. tapi pas giliran lagi berantem, rasanya udah nggak mau kuliah lagi. maybe.

selain itu, yang kecutnya lagi adalah saat beradaptasi di kelas. kebanyakan mahasiswa sering susah beradaptasi di kelas kalau temannya nggak klop dan banyak yang nggak sepemikiran dengannya. biasanya efeknya pengen pindah kelas atau pindah prodi karena prodi yang diambilnya nggak cocok.

oke? intinya, semua masalah yang dihadapi dan yang ada di perkuliahan itu adalah sebuah langkah menuju kedewasaan dan kesuksesan suatu hari nanti. jika kita memandangnya dengan kacamata positif, semua masalah yang ada dalam kehidupan itu akan bisa menjadi sebuah batu pijakan untuk menggapai sebuah kesuksesan. Tuhan, nggak akan membiarkan hambanya terus berada dalam kesusahan. selalu ada jalan untuk keluar. dari kesusahan kita ditempa, seperti pedang, dari sebatang besi yang bentuknya tidak beraturan, ditempa dengan palu baja, dibakar dengan api yang membara. hal itu berlangsung lama dan akhirnya jadi sebilah pedang yang siap menebas apapun yang menghalanginya.
begitu juga dengan kita, ditempa dengan masalah kehidupan, terpuruk dan bangkit lagi, semakin hari semakin dewasa dalam menghadapinya. saat keluar dari masalah, kita menjadi pribadi yang menyenangkan bagi diri sendiri. siap dan tangguh untuk menghadapi masalah yang akan datang.

yang pada intinya, masa-masa kuliah itu sangat menyenangkan. serius lho. palagi ada tugas, beuuuuhh... keren banget sibuknya. jadi berasa kuliahnya.
buat yang masih semangat-semangatnya kuliah, tetap semangat ya. buat yang down, ayo kembali semangat buat kuliah. ingat, orangtua di rumah nunggu kapan kita lulusnya dan deg-degan apa nantinya kita jadi pengangguran intelektual atau dapet kerja atau orang yang membuka lapangan pekerjaan buat orang lain, dan mungkin jadi orang yang berguna di masyarakat. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

==================| Mohon Memberikan Komentar yang Baik :) |==================