Translate

Sabtu, 19 Oktober 2013

Membuat Garis pada OpenGL



Membuat Garis Vertikal,Horizontal,Dan Diagonal Menggunakan Program OpenGL Dengan Compiler DevC++
 OpenGL
  OpenGL adalah suatu perangkat pembuat grafis standard yang digunakan untuk keperluan –keperluan pemrograman grafis. OpenGL bersifat opensource, multi-platform dan multi language. Saat ini semua bahasa pemrograman mendukung OpenGL. Dan OpenGL bisa bekerja dalam lingkungan Windows, Unix, SGI, Linux, freeBSD . Library dasar dari OpenGL adalah GLUT, dengan fasilitas yang bisa dikembangkan. Untuk OS Windows,library ini terdiri dari 3 files yaitu :

1. Glut.h
2. Glut32.lib
3. Glut32.dll
.
MEMBUAT GARIS VERTIKAL

Untuk membuat garis vertikal,lihat pada project.selesai membuat project pasti yang muncul bukan lembar kerja kosong  pada umumnya.tetapi lembar kerja yang sudah terisi source code untuk OpenGL. Yang harus dilakukan adalah mencari bagian bertuliskan /*OpenGL animation code  goes here*/. Untuk mengerjakan program dengan file multimedia OpenGL cukup mengubah-ubah pada bagian ini saja.



Koding Garis Vertikal
Untuk menuliskan garis vertikal,tuliskan koding seperti gambar diatas.

/*untuk membuat garis vertikal*/
glClearColor(0.0f,0.0f,0.0f,0.0f); [berfungsi memilih warna yang digunakan,membersihkan latar dalam  mode RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); [berfungsi membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix(); [berfungsi baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0); [berfungsi menentukan warna garis /titik)
glColor3f(1,1,1); [berfungsi menentukan warna garis/titik)
glBegin(GL_LINES); [berfungsi menggambarkan garis dari titik yang digunakan]
glVertex3f(0.10,10.0,13.13); [berfungsi menentukan titik awal yang digunakan]
glVertex3f(0,0,0.0); [berfungsi menentukan titik akhir yang digunakan]
glEnd(); [berfungsi mengakhiri gambar garis dititik akhir]
glPopMatrix(); [berfungsi membuat garis kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers(Hdc); [berfungsi menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep(1);
  

OUTPUT
 

Output diatas adalah hasil gambar dari koding program membuat garis vertikal,untuk mengcompile program tersebut dengan menekan tombol F9,jika program benar maka akan muncul gambar seperti diatas.

MEMBUAT GARIS HORIZONTAL
Koding Garis Horizontal

Membuat garis horizontal,pertama membuat koding pada lembar kerja OpenGL,tetapi sebelumnya lembar kerja tersebut sudah diisi dengan source code untuk lembar kerja OpenGL,menuliskan koding pada bagian /*OpenGL animation code here*/

glClearColor(0.0f,0.0f,0.0f,0.0f); [line 82,berfungsi memilih warna yang akan digunakan membersihkan latar dalam mode RDBA]
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT); [line 84,berfungsi membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix(); [line 85,berfungsi membuat baris code menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0); [line 86,berfungsi menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); [line 87,berfungsi menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES); [line 88,berfungsi menggambar garis dari titik yang digunakan]
glColor3f(0.0f,0.0f,1.0f);
glVertex3f(-0.6,0.0f,0.0f); [line 90,berfungsi menentukan titik awal yang digunakan]
glColor3f(0.0f,0.0f,1.0f); [line 91,berfungsi menentukan titik yang digunakan]
glVertex3f(0.6f,0.0f,0.0f); [line 92,berfungsi menentukan titik akhir yang digunakan]
glEnd(); [line 93,berfungsi mengakhiri gambar garis dititik akhir]
glPopMatrix(); [line 94,berfungsi membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffer(Hdc); [line 95,berfungsi menukar bagian latar belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep(1);

OUTPUT


Output diatas adalah hasil gambar dari koding program membuat garis horizontal, mengcompile program tersebut dengan menekan tombol F9,jika program benar maka akan muncul gambar seperti diatas.
                     
 

MEMBUAT GARIS DIAGONAL


Koding Garis Diagonal

glClearColor(0.0f,0.0f,0.0f,0.0f); [line 82,berfungsi memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode RGBA]
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT); [line 83,berfungsi membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix(); [line 84,berfungsi membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk begian luar]
glClearColor(1,1,1,0); [line 85,berfungsi menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); [line 86,berfungsi menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES); [line 87,berfungsi menggambar garis dari titik yang digunakan]
glVertex3f(0,0,-0.8); [line 88,berfungsi menentukan titik awal yang digunakan]
glVertex3f[9.9,8.9,0.1); [line 89,berfungsi menentukan titik akhir yang digunakan]
glEnd(); [line 90,berfungsi mengakhiri gambar garis dititik akhir]
glPopMatrix(); [line 91,berfungsi membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffer(Hdc); [line 92,berfungsi menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]

Sleep(1);

OUTPUT


Selesai menuliskan koding program membuat garis diagonal,jalankan file dengan mengcompile menekan tombol F9,file akan decompile akan meminta untuk disave,untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan menekan tombol yang sama F9.jika tidak terdapat error maka program langsung berjalan dan menghasilkan output.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

==================| Mohon Memberikan Komentar yang Baik :) |==================