Membuat
Garis Vertikal,Horizontal,Dan Diagonal Menggunakan Program OpenGL Dengan
Compiler DevC++
OpenGL
OpenGL adalah suatu perangkat
pembuat grafis standard yang digunakan untuk keperluan –keperluan pemrograman
grafis. OpenGL bersifat opensource, multi-platform dan multi language. Saat ini
semua bahasa pemrograman mendukung OpenGL. Dan OpenGL bisa bekerja dalam
lingkungan Windows, Unix, SGI, Linux, freeBSD . Library dasar dari OpenGL
adalah GLUT, dengan fasilitas yang bisa dikembangkan. Untuk OS Windows,library
ini terdiri dari 3 files yaitu :
1. Glut.h
2. Glut32.lib
3. Glut32.dll
.
MEMBUAT GARIS VERTIKAL
Untuk membuat garis vertikal,lihat
pada project.selesai membuat project pasti yang muncul bukan lembar kerja
kosong pada umumnya.tetapi lembar kerja
yang sudah terisi source code untuk OpenGL. Yang harus dilakukan adalah mencari
bagian bertuliskan /*OpenGL animation code
goes here*/. Untuk mengerjakan program dengan file multimedia OpenGL
cukup mengubah-ubah pada bagian ini saja.
Koding Garis Vertikal
Untuk menuliskan garis
vertikal,tuliskan koding seperti gambar diatas.
/*untuk membuat garis vertikal*/
glClearColor(0.0f,0.0f,0.0f,0.0f);
[berfungsi memilih warna yang digunakan,membersihkan latar dalam mode RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[berfungsi membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix(); [berfungsi baris
kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0); [berfungsi
menentukan warna garis /titik)
glColor3f(1,1,1); [berfungsi
menentukan warna garis/titik)
glBegin(GL_LINES); [berfungsi
menggambarkan garis dari titik yang digunakan]
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);
[berfungsi menentukan titik awal yang digunakan]
glVertex3f(0,0,0.0); [berfungsi
menentukan titik akhir yang digunakan]
glEnd(); [berfungsi mengakhiri
gambar garis dititik akhir]
glPopMatrix(); [berfungsi membuat
garis kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers(Hdc); [berfungsi menukar
bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep(1);
Output diatas adalah hasil gambar
dari koding program membuat garis vertikal,untuk mengcompile program tersebut
dengan menekan tombol F9,jika program benar maka akan muncul gambar seperti
diatas.
MEMBUAT GARIS HORIZONTAL
Koding Garis Horizontal
Membuat garis horizontal,pertama
membuat koding pada lembar kerja OpenGL,tetapi sebelumnya lembar kerja tersebut
sudah diisi dengan source code untuk lembar kerja OpenGL,menuliskan koding pada
bagian /*OpenGL animation code here*/
glClearColor(0.0f,0.0f,0.0f,0.0f);
[line 82,berfungsi memilih warna yang akan digunakan membersihkan latar dalam
mode RDBA]
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT); [line
84,berfungsi membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix(); [line 85,berfungsi
membuat baris code menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0); [line
86,berfungsi menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); [line 87,berfungsi
menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES); [line
88,berfungsi menggambar garis dari titik yang digunakan]
glColor3f(0.0f,0.0f,1.0f);
glVertex3f(-0.6,0.0f,0.0f); [line
90,berfungsi menentukan titik awal yang digunakan]
glColor3f(0.0f,0.0f,1.0f); [line
91,berfungsi menentukan titik yang digunakan]
glVertex3f(0.6f,0.0f,0.0f); [line
92,berfungsi menentukan titik akhir yang digunakan]
glEnd(); [line 93,berfungsi
mengakhiri gambar garis dititik akhir]
glPopMatrix(); [line 94,berfungsi
membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffer(Hdc); [line 95,berfungsi
menukar bagian latar belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep(1);
OUTPUT
Output diatas adalah hasil gambar
dari koding program membuat garis horizontal, mengcompile program tersebut
dengan menekan tombol F9,jika program benar maka akan muncul gambar seperti
diatas.
MEMBUAT
GARIS DIAGONAL
Koding Garis Diagonal
glClearColor(0.0f,0.0f,0.0f,0.0f);
[line 82,berfungsi memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam
mode RGBA]
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT); [line
83,berfungsi membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix(); [line 84,berfungsi
membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk begian luar]
glClearColor(1,1,1,0); [line
85,berfungsi menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); [line 86,berfungsi
menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES); [line
87,berfungsi menggambar garis dari titik yang digunakan]
glVertex3f(0,0,-0.8); [line
88,berfungsi menentukan titik awal yang digunakan]
glVertex3f[9.9,8.9,0.1); [line
89,berfungsi menentukan titik akhir yang digunakan]
glEnd(); [line 90,berfungsi
mengakhiri gambar garis dititik akhir]
glPopMatrix(); [line 91,berfungsi
membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffer(Hdc); [line 92,berfungsi
menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
OUTPUT
Selesai menuliskan koding program
membuat garis diagonal,jalankan file dengan mengcompile menekan tombol F9,file
akan decompile akan meminta untuk disave,untuk itu save file dan beri nama lalu
jalankan dengan menekan tombol yang sama F9.jika tidak terdapat error maka
program langsung berjalan dan menghasilkan output.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
==================| Mohon Memberikan Komentar yang Baik :) |==================