Translate

Rabu, 30 November 2011

5 Teknik Pada Bass

5 Jenis Teknik Permainan Bass

Teknik permainan bass elektrik yang umum digunakan ada 5 jenis :
1. Finger Style : Ini adalah teknik yang paling umum dalam permainan bass elektrik, kita cukup bermodal jari aja untuk membunyikan senar bass yang kita punya. Umumnya jari kita akan bengkak ketika pertama kali menggunakan teknik ini, tapi jangan khawatir semua bassis kenamaan dunia juga ngalamin kaya gini dulu sebelum mereka jadi profesional seperti sekarang.
http://www.youtube.com/watch?v=mNiNO84dc6g&feature=player_embedded



2. Picking Style : Teknik ini memerlukan sebuah alat yang namanya pick. Pick umumnya digunakan oleh pemain gitar, tapi tidak jarang juga pemain bass menggunakan benda ini untuk membunyikan bass nya. Penggunaannya sama saja seperti penggunaan pick dalam teknik permainan gitar yaitu pegang picknya pake jari (ya iyalah) miringkan dikit posisi picknya (untuk memperlancar petikan dan biar ga nyangkut disenar bass karena senar bass lebih renggang dan gede) baru petik senarnya. Suara yang dihasilkan oleh teknik ini cenderung lebih tajam serta ada keunikan sendiri yang dihasilkan gesekan pick dan senar , ada sensasi lain yang gimana gitu ya masbro :D.


http://www.youtube.com/watch?v=HTvuZZ_q2Xc&feature=player_embedded


3. Slap : Ini adalah teknik yang jadi khasnya pemain bass. Perlu diketahui dalam slap ada 2 teknik yang dimainkan yang pertama adalah "slap" yaitu "menampar" jempol/jari lain pada senar bass dan "pop" yaitu mencabik/manarik senar bass dengan menggunakan jari telunjuk/tengah/manis. Teknik ini cenderung lebih perkusif dan mengandalkan pola ritmik daripada melodi pada umumnya, dan hal itulah yang menjadikan teknik ini terdengar "berbeda".



4. Tapping : Teknik ini sama dengan tapping pada gitar, yaitu menekan senar bass untuk menghasilkan bunyi. Teknik ini mempunyai berbagai macam variasi pola. Variasi favorite saya dengan teknik ini adalah "two hands tapping" ala Victor Wooten, Jari kanan memainkan pola bass sedangkan jari kiri memainkan melodi lagu, its fun :D
http://www.youtube.com/watch?v=suaH-NJm12U&feature=player_embedded

5. Harmonic : Ini teknik yang aga rumit menurut saya karena perlu ketelitian dalam membunyikannya. Saya kesulitan mencari kalimat yang bisa menjelaskan teknik ini hahahah mohon maaf sekali mungkin bisa langsung dilihat aja contoh videonya Om Steve Bailey aja ya


Nanti kalo saya lagi mood nulis, saya tulis lagi tentang bass elektrik .. jadi untuk sekarang itu aja dulu. bb (^^)y

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

==================| Mohon Memberikan Komentar yang Baik :) |==================